2020-10-15

Solusi Petani Musi Atasi Masalah Kekurangan Pakan di Musim Kemarau

BPTP BALI
...

Setiap tahun di musim kemarau kekurangan pakan hijauan untuk ternak sapi di Desa Musi, Kecamatan Gerokgak selalu menjadi masalah. Lalu bagaimana usaha ternak bisa berhasil jika masalah pokok yaitu pakan belum bisa teratasi..??

Beranjak dari permasalahan tersebut petani di Desa Musi mulai melirik potensi lokal yang ada. Limbah pertanian merupakan salah satu potensi yang belum tergarap secara optimal.

Bermodalkan ilmu pengolahan pakan dari limbah pertanian yang telah diajarkan BPTP Bali, petani dari lima kelompok tani Desa Musi menggabungkan diri membuat pabrik pakan mini bersama.

Dikomandani bapak I Ketut Sumadi mereka mulai mengolah limbah jagung menjadi tepung yang kemudian dicampur dengan bahan lainnya. Menurut Sumadi, " Ide mengolah limbah pertanian menjadi pakan ternak sapi sudah ada dari tahun 2019, dan sekarang baru terwujud", jelasnya saat ditemui pada acara lounching pabrik pakan mini Kamis (15/10).

Sementara itu Putu Darmawan yang juga pengurus kelompok tani mengatakan bahwa jagung yang diolah menjadi pakan mereka campur dengan bahan lainnya seperti limbah kulit kacang tanah tanah dan limbah kulit kopi. "Kami mengikuti petunjuk Ibu Ni Luh Gede Budiari dari BPTP Bali tentang mekanisme dalam penyusunan formulasi pakan untuk ternak sapi", sebutnya.

#Pakan

#PemanfaatanLimbahPertanian

Sub Sektor : Pakan ternak
Komoditas : Peternakan
Teknologi yang Digunakan :